Anak Belum 7 Bulan Sudah Bisa Berdiri

Dok, saya mau tanya umur anak saya belum genap 7 bulan tapi sekarang ia sudah bisa berdiri. Yang saya ingin tanyakan, normal tidak apabila perkembangannya tidak sesuai dengan usianya? Apakah nantinya akan menyebabkan si anak menjadi hiperaktif? Terimakasih.Anak Belum 7 Bulan Sudah Bisa Berdiri


Wysheu (Perempuan Menikah, 24 Tahun), nwysheu@yahoo.co.id
Tinggi Badan 149 cm dan Berat Badan 48 kg.

Jawaban

Bayi dapat berdiri dari posisi duduk pada usia 7 bulan dan berdiri dengan berpegangan. Namun bila anak ibu sudah dapat berdiri tanpa berpegangan berarti keterampilan motorik kasar anak ibu sangat bagus.

Bagaimana dengan perkembangan yang lain? Untuk personal sosial, bayi usia 7 bulan sudah dapat mengenali keluarga, tersenyum bila melihat mainan atau gambar, sudah dapat bertepuk tangan dan melambaikan tangan. Sedangkan dari bahasa, anak sudah dapat menoleh bila dipanggil, sudah dapat mengoceh dan belajar memanggil papa mama. Pada perkembangan motorik halus, usia 7 bulan bayi sudah dapat memindahkan mainan ke tangan yang lain dan sudah aktif memegang dengan jempol tangan.

Menyatakan seseorang hiperaktif atau tidak, bukan hanya dinilai dari gerakan motorik kasar saja. Tetapi dilihat dari penilaian lain terutama personal sosialnya. Dan keterampilan motorik anak yang lebih cepat, tidak menyebabkan anak menjadi hiperaktif.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.
sumber http://m.detik.com
Bookmark and Share

0 comments:

eXTReMe Tracker
eXTReMe Tracker